Pages

Minggu, 13 Oktober 2013

BIOGRAFI Pelatih U 19 INDRA SJAFRI




Indra Sjafri
Indra Sjafri (lahir di Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, 2 Februari 1963; umur 50 tahun). adalah seorang mantan pemain sepak bola yang kemudian menjadi pelatih sepak bola Indonesia.Ia dipercaya menjadi pelatih Timnas Junior Indonesia (PSSI), seperti Timnas U-12, U-17 dan U-19 yang dijuluki Garuda Muda.

Nama lengkap  :  Indra Sjafri
Agama             :   Islam
Istri                  :  Temi Indrayani
Anak                :  Aryandra Andaru
                            Diandra Aryandari
Tanggal lahir     :  2 Februari 1963 (umur 50)
Tempat lahir      : Lubuk Nyiur, Batang Kapas,Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Posisi bermain  :  Gelandang

Informasi klub
Klub saat ini    :   Manager Indonesia U-19
Karier senior   : 
Tahun   1986-1991    Tim :  PSP Padang        

Kepelatihan
2011     Indonesia U-16
2013     Indonesia U-19


Pertama kalinya Indra mulai masuk ke lingkup PSSI yaitu di tahun 2007 sebagai instruktur pelatih. Kontrak untuk melatih timnas baru diteken pada 2011 hingga sekarang ini. Namun, terdapat kisah unik dibalik semua itu di mana seluruh torehannya kini bermula gara-gara sakit hati. Ketika itu Indra Sjafri masuk ke dalam tim Pra PON Sumatera Barat di tahun 1985. Hatinya berontak lantaran melihat banyaknya pemain yang memiliki kemampuan namun tak pernah mendapatkan tempat di timnas.

Oleh karena itu, Indra Sjafri pun akhirnya memutuskan untuk fokus menjadi pelatih setelah pensiun sebagai Kepala Kantor Pos di sebuah kota di Sumatera Barat. Setelah lulus pendidikan pelatih berlisensi A, Indra Sjafri mulai mengunjungi daerah-daerah terpencil demi mencari bibit-bibit terbaik Indonesia. Dukungan dari keluarga menjadi bekal terpenting dalam karier kepelatihan Indra. Bahkan, ia mengaku hanya bisa berkumpul dengan anak-anaknya selama 1-2 hari.

Namun ternyata apa yang ia lakukan tidaklah sia-sia. Indra bahkan berani menyebutkan jika Timnas U-19 yang ia bawa untuk Piala AFF 2013 dan kualifikasi Piala AFC merupakan representasi yang sesungguhnya dari Indonesia. Hal itupun menjadi modal terpenting yang ia miliki. Pasalnya, bisa dibilang modal Indra Sjafri dalam memegang Timnas Indonesia sebenarnya tidaklah besar. Bahkan, ketika dibebani tugas awal di Piala AFC di tahun 2010 lalu, ia sempat pesimis dan akhirnya gagal karena hanya berada di posisi tiga setelah kalah dari Australia.

Indra Sjafri pernah membawa timnas junior merebut trofi juara pada turnamen sepak bola tingkat Asia, yaitu pada HKFA U-17 dan HKFA U-19 di Hongkong. Sebelumnya, Indra bertugas sebagai instruktur dan pemandu bakat di PSSI sejak Mei 2009. Indra merupakan mantan pemain sepak bola yang pernah membela PSP Padang pada tahun 1980-an, dan juga pernah menangani klub sepak bola dari ibukota provinsi Sumatera Barat itu sebagai pelatih.[4]

Pada 22 September 2013, Indra Sjafri sukses membawa tim asuhannya, Timnas Indonesia U-19 menjuarai Turnamen Kejuaraan Remaja U-19 AFF 2013 setelah di final mengalahkan tim kuat Vietnam dalam pertandingan dramatis yang berujung adu penalti, dimana tim Indonesia menang dengan skor 7-6. Gelar juara ini merupakan gelar pertama Indonesia sejak 22 tahun terakhir dimana Indonesia tak pernah meraih satupun gelar juara baik di level Asia Tenggara maupun level yang lebih tingg

1 komentar:

  1. Dapatkan bonus Rollingan harian Poker setiap harinya
    Atau
    Bonus Cashback Mingguan bersama kami di Pokervita

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus